Kamu yang Terbenar dan Terbaik? Mau Sampai Kapan?

Mau sampai kapan rumusan KEBENARAN selalu DIDEBATKAN oleh mereka yang doyan mempergunjingkannya? Dan celakanya, setiap diri mereka dan kelompoknya itu selalu saling merasa dan mengklaim bahwa diri dan kelompoknyalah yang dinilainya paling benar di antara yang lainnya.

Maaf, bukan kebenaran dalam wilayah definisi umum yang saya maksud di sini, melainkan kebenaran dalam konteks agama. Ya, konteks agama. Sebuah konteks kepercayaan, sebuah konteks mengenai keyakinan. Sampai kapan pun, rasa-rasanya debat soal agama tidak akan mengalami keterhentian. Keberadaannya akan tetap mengalir, dari masa ke masa, dari generasi ke generasi.

Saya bicara begini bukan berarti saya ahli (expert) di bidang agama lho, jauhkan pemikiran Anda dari dugaan seperti itu. Apa yang saya ungkapkan di sini hanya sebagian kecil saja dari sekian banyak pertanyaan saya sebagai manusia yang haus menemukan kejelasan, kecerahan, dan kesejatian sebuah kebenaran.

Della Vio